Sunday 19 April 2015

BERUBAH

Posted by Unknown at 21:39
Hai bloggers!
Maaf sudah lama juga kami ga update di blog berhubung kami kemarin mendadak sibuk dengan berbagai macam kesibukan di sekolah: ujian praktek, ujian sekolah, dan ujian negara pastinya; dan sekarang juga mendadak kami jadi pengacara a.k.a pengangguran banyak acara :")

Oke next. Pada kesempatan kali ini, gw mau share tentang sebuah renungan motivasi yang dikasih guru fisika gw di sekolah waktu renungan pagi sebelum kita UN (di sekolah gw udah jadi kebiasaan sebelum adanya event-event besar seperti UN, ulum, dsb. pasti ada misa atau paling ga ada renungan setiap pagi. Jadi, judulnya itu "BERUBAH".

Setiap manusia tentunya sadar atau tidak sadar pasti selalu melakukan perubahan. Perubahan sudah terjadi bahkan sebelum kita lahir, mulai dari hanya sperma dan ovum yang bertemu, lalu berubah dan berkembang menjadi janin dan akhirnya kita dilahirkan ke dunia sebagai bayi manusia. Setelah lahir justru perubahan itu lebih jelas terlihat, mulai dari perkembangan otak, fisik, psikomotorik, mental, dan masih banyak lagi. Perubahan manusia yang sangat dituntut adalah perubahan sifat dan pemikiran. Kenapa? Ya bayangkan saja kalo anak umur 15 tahun masih suka lari-lari terus tiba-tiba berhenti dan teriak "Power Ranger SPD!!!" -__- pengen disentil rasanya kan?

Dalam hal menjalin suatu hubungan, terutama buat kaum laki-laki, kadang suka diputusin sama cewenya dengan alasan "kamu kok ga berubah sih!"
Terkadang cowo-cowo jadi bingung, hal apa yang harus mereka ubah. Tapi tolong mengerti kami hai kalian kaum adam, bahwa memang sudah kodrat alam kalau kaum hawa akan jauh lebih dewasa dibanding kalian kaum adam pada umur yang sama. Kami berpikir jauh ke depan, memikirkan jangka panjang, sedangkan terkadang kalian hanya memikirkan masa sekarang dan apa yang ada sekarang tanpa memperhitungkan masa yang akan datang.

Ada sebuah ayat di alkitab (kebetulan gw lupa nih ayat yang mana, he he he ._.v) yang menuntut kita untuk senantiasa berubah. Jika kita pikir secara selintas, kalau setiap hari kita berubah maka suatu saat kita akan menjadi sempurna. Tapi seperti yang kita ketahui, tidak ada yang sempurna di dunia ini. Lalu maksudnya bagaimana? Mengapa kita harus selalu berubah jika pada akhirnya kita tetap tidak bisa mencapai kesempurnaan?

Sekarang waktunya kita berpikir tentang maksud dari ayat tersebut.
Walau kita tidak dapat menjadi sosok pribadi yang sempurna, tapi jika setiap hari kita selalu berubah maka setiap hari pula kita akan semakin peka terhadap lingkungan sekitar kita, peka terhadap orang-orang yang membutuhkan bantuan kita, dan kita dapat menjadi pribadi yang lebih dewasa.

Suatu niat untuk berubah ke hal yang baik akan SELALU membawa dampak yang positif. Namun terkadang kita sebagai manusia tidak jarang ingin mendapatkan hasil yang instant. Perubahan yang kita buat hari ini belum tentu menghasilkan buah pada hari yang sama, bisa saja dampaknya baru terasa beberapa hari, beberapa minggu, atau bahkan beberapa bulan setelahnya.
Mengapa kadang Tuhan tidak mengabulkan doa-doa permohonan kita?
Umpamakan saja seperti cerita berikut. Seseorang setiap hari selalu berdoa untuk mendapatkan pekerjaan baru yang lebih layak dibandingkan pekerjaannya yang sekarang. Satu bulan, dua bulan, sampai satu tahun Tuhan belum mengabulkan doa orang itu. Hingga pada suatu hari, orang ini pun berhenti memanjatkan doa permohonannya kepada Tuhan karena sudah tidak percaya bahwa Tuhan akan mengabulkan doanya. Tapi tanpa sepengetahuannya, ternyata selama satu tahun itu Tuhan sedang mencarikan pekerjaan yang layak dan cocok untuk orang tersebut. Setelah Tuhan menemukan apa yang dibutuhkan orang tersebut, orang itu malah berhenti untuk memohon kepada Tuhan sehingga Tuhan berpikir bahwa dia sudah tidak menginginkan pekerjaan baru lagi.
Yaaa, kurang lebih dapat digambarkan seperti itulah. Tuhan ingin kita mendapatkan yang terbaik dan tepat pada waktunya.

Begitu pula halnya dengan berubah. Walaupun tidak mendapatkan hasil yang instant, tapi pasti akan menimbulkan dampak positif. BERUBAH DENGAN DASAR KEBAIKAN AKAN SELALU BERDAMPAK BAIK.
Jika hari ini anda berubah, mungkin 2 tahun lagi anda akan merasakan dampaknya. Tapi jika hari ini anda tidak berubah, mungkin tidak akan ada perubahan pada pribadi anda 2 tahun lagi. Mungkin ini adalah seluk beluk adana motto: "Hari ini lebih baik dari kemarin, hari esok lebih baik dari hari ini."

Jangan bosan untuk melakukan perubahan setiap waktu. Berubahlah sampai mencapai suatu kedewasaan. Jika hari ini berubah, mungkin hidup anda 2 tahun lagi akan berubah. Namun jika hari ini anda tidak berubah, maka mustahil jika anda menginginkan perubahan dalam hidup anda 2 tahun lagi.

0 comments:

Post a Comment

FEEL FREE TO LEAVE UR COMMENTS :)

 

b u b b l e g u m - Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea